<div style='background-color: none transparent;'></div>

Minggu, 27 Mei 2012

PLUGIN DI CMS WORDPRESS

PENGERTIAN


Colok-masuk (bahasa Inggris: plug-in) adalah sebuah program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama (suatu peramban web atau klien surel, sebagai contoh). Program utama biasanya memberikan semacam antarmuka (interface) agar colok-masuk dapat berinteraksi dengan program utama. Sebagai contoh, colok-masuk biasanya digunakan pada peramban web untuk memutar video, memindai virus, dan menampilkan jenis berkas baru. Contoh colok-masuk yang dikenal adalah colok-masuk untuk Adobe Flash Player dan QuickTime. Pengaya atau pasang tambah (add-on) juga sering dianggap sebagai istilah umum yang meliputi pengaya tertambat (snap-ins), colok-masuk, ekstensi, dan tema.

berikut adalah plugin yang bisa di gunakan pada wordpress diantaranya:

1.Add Link to Facebook
Plugin Add link to Facebook otomatis menambahkan link ke posting Anda pada dinding facebook (Walls), pages maupun groups fb yang anda daftarkan.

2.Gtrans
Gtrans merupakan plugin untuk menerjemahkan website anda, sehingga menjangkau lebih banyak pengguna bahasa-bahasa di dunia dengan menggunakan google translate. Berikut diantara fitur-fitur plugin gtrans :

Menyembunyikan bingkai google translate setelah terjemahan selesai
Efek mouse
Analisa
Pilihan untuk membuka halaman yang diterjemahkan di jendela baru
Valid XHTML
Pilihan untuk menerjemahkan halaman dengan cepat


3.Akismet
Plugin Akismet adalah plugin wordpress, berguna untuk mengecek apakah komentar-komentar pada blog Anda merupakan komentar spam atau komentar yang menambah nilai posting blog. Akismet merupakan layanan web yang berguna memfilter blog Anda dari spam, maupun spam bot.
Layanan filter spam akismet kompatibel dengan Wordpress 3.0 - 3.4. Fitur-fitur terbaru akismet 2.5 adalah :

Sejarah pengomentar, sehingga anda dapat lebih cepat mendeteksi komentar spam pada blog
Memperlihatkan link tersembunyi pada komentar yang dapat mencelakakan pengunjung blog Anda
Apabila blog Anda menghalangi Akses Akismet, Plugin ini secara otomatis mencoba mencari kembali ketika koneksi anda kembali terjalin.
Moderator dapat mengetahui jumlah komentar yang disetujui dari setiap pengomentar blog
Informasi lebih detail mengenai komentar spam dan tidak. Hal ini akan meningkatkan akurasi, dan penilaian terhadap komentar blog.


4.Google XML Sitemaps
Google XML Sitemaps berfungsi membuat sitemap XML khusus, sehingga memudahkan search engine (mesin pencari) seperti Google, Bing, Yahoo, Ask, AOL, dll menemukan dan mengindeks website Anda lebih baik. Dengan Google xml sitemaps akan memudahkan robot/crawler search engine melihat struktur blog secara lengkap dan mengindeksnya.


5.WPtouch
WPtouch merupakan mobile plugin untuk wordpress. Apabila banyak pengakses situs anda melalui ponsel, maka Anda harus menginstal wptouch wordpress agar blog anda tampil rapi ketika diakses melalui ponsel. WPtouch otomatis mengubah blog wordpress anda menjadi tema aplikasi dilengkapi dengan artikel pemuatan ajax dan efek yang menambah keindahan blog ketika diakses melalui handphone, maupun smartphone. Admin panel pada wptouch memungkinkan pemilik blog menyesuaikan penampilan website pada mobile smartphone tanpa memodifikasi kode wordpress.


6.Wordpress Importer
Wordpress importer berguna untuk mengimpor konten berikut dari file ekspor wordpress. Fasilitas wordpress importer diantaranya :
Posting, halaman dan jenis kustom posting Komentar custom field dan meta post
kategori, tag, istilah dari kustom taksonomi penulis


7.Contact Form 7
Contact form 7 berguna untuk mengatur form pada blog anda, sehingga anda dapatmenambahkan bagian form sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat menyesuaikan bentuk dan isi form secara fleksibel dengan markup sederhana. Selain itu, Contact form 7 mendukung AJAX, captcha, akismet penyaringan spam dan sebagainya.


8.Jetpack by Wordpress.com
Kalau memakai blog wordpress gratis nanti dikira tidak bermodal, dan tidak mengoptimalkan seo ? kalau host sendiri ga dapat dukungan wordpress ? Tenang, sekarang ada plugin sebagai solusi dari masalah tersebut. Anda tetap bisa host sendiri dan mendapatkan dukungan wordpress melalui wordpress plugin jetpack by wordpress.com. Berikut diantara fitur-fitur Jetpack

Fitur Langganan memungkinkan pengguna Jetpact untuk memiliki layanan berlangganan bagi pengunjung blog dan memberitahu melalui email.
Statistik website melalui wordpress, sehingga tidak membebani server anda
Layanan berbagi untuk menggunakan layanan berbagi konten ke situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google+
Meningkatkan akurasi ejaan artikel blog
Gravatar Hovercards untuk menampilkan gravatar pengguna dalam komentar.
WP.me layanan pemendekan url untuk memudahkan mengingat,
dan masih banyak lagi seperti layanan penyisipan Shortcode, ekstra widget, peningkatan distribusi.


9.NextGEN Gallery
NextGEN Gallery merupakan plugin layanan integrasi gambar pada wordpress dengan beragam pilihan dan feature. Berikut diantara fitur-fitur NextGEN Gallery :

Templates : Anda dapat menambahkan custom template untuk tema Anda
Media RSS Feed : menambah efek pada galeri image
Memudahkan dalam meng-copy maupun memindahkaan gambar pada galeri
Watermark function : Anda dapat menambahkan watermark pada gambar maupun tulisan.


10.All In One SEO Pack
Apakah blog Anda tidak nongol dalam hasil pencarian mesin pencari, Anda perlu menambahkan all in one search engine optimization (SEO) plugin pada blog Anda selain Google xml sitemaps diatas. Apa tujuannya ? namanya juga seo tujuannya ya nongol pada no. 1 hasil pencarian, paling tidak yaa berada di halaman pertama hasil pencarian. Berikut beberapa fitur plugin All In One SEO Pack versi 1.6.14.3 :

Mendukung Google Analytics untuk menganalisa blog anda
Mendukung kustom posting blog untuk menambah SEO
Built-in API untuk mengintegrasikan SEO pada situs WP e-commerce
Mengoptimalkan judul untuk search engine (mesin pencari)
Anda dapat mengganti judul, META deskripsi, kata kunci yang anda inginkan untuk di crawler search engine.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. KANG D@D@NG . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger